Kamis, 18 Juli 2013

Penjualan Mobil di Eropa Anjlok

Melambungnya angka pengangguran di negara Eropa yang menggunakan mata uang euro telah memicu penurunan angka penjualan mobil di Eropa pada Juni level terendah dalam 17 tahun terakhir.

European Automobile Manufactures Association (ACEA) mengungkapkan registrasi mobil baru berkurang 6,3 persen menjadi 1,18 persen juta unit dari Juni dari 1,25 juta unit pada periode yang sama tahun lalu.

Bisnis Indonesia, 17 Juli
Menurut Direktur Ekonomi ACEA Quynh-Nhu Huynh, angka tersebut merupakan yang paling rendah sejak 1996. Penjualan pada paruh pertama tahun ini merosot 6,7 persen menjadi 6,44 juta kendaraan.

Berdasarkan perkiraan media dari pada analis yang disurvei Bloomberg, angkat pengangguran di zona Euro pada Mei yang menembus 12,2 persen akan terus bertahan pada level tersebut sepanjang kuartal II/2013.

Para eksekutif dari perusahaan otomotif seperti Peugeot dan Renault mengulangi prediksi mereka pada bulan ini bahwa pasar otomotif zone Euro mengalami kontraksi sebesar 5 persen pada tahun ini.

Laporan yang dirilis oleh ACEA mencakup 27 negara Uni Eropa, tidak termasuk Kroasia yang baru saja bergabung pada bulan ini ditambah dengan Swiss, Norwegia dan Islandi. Pengiriman dari Eropa Barat, tidak termasuk negara-negara yang baru bergabung dalam UE sejak pertengahan 2004, juga merosot 6,2 persen menjadi 1,11 juta kendaraan pada Juni.

Empat dari lima pasar otomotif tersebar di Eropa juga mengalami penyusutan pada bulan lalu, akibar pengiriman dari Jerman menurun sebesar 4,7 persen dan permintaan dari Prancis merosot sebesar 8,4 persen. Di pihak lain, angka penjualan otomotif di Inggis justru naik 13 persen. Sumber Bisni Indonesia, 17 Juli 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar